Tenggat CBAM dan yang perlu dilakukan sekarang

Pilih peran Anda untuk melihat tanggal yang penting bagi Anda. Unduh sebagai file kalender dengan pengingat sebelum setiap tanggal.

Saya adalahPilih apakah Anda menjual ke UE atau mengimpor ke UE. Tanggal dan tugasnya berubah.

Yang perlu dilakukan sekarang

Barang yang Anda kirim pada 2026 sudah dihitung. Hitung biaya CBAM setiap produk, kumpulkan catatan bahan bakar dan listrik 2026, dan hubungi verifikator terakreditasi sekarang: pembeli akan menginginkan angka terverifikasi jauh sebelum September 2027.

Bekerja dengan Google Calendar, Outlook, dan Apple Calendar. Hanya berisi tanggal mendatang, masing-masing dengan pengingat 14 hari sebelumnya.

Tanggal berikutnya

  1. 1 Januari 2027 · dalam 84 hari

    Mark-up atas nilai default naik menjadi 20%

  2. 1 Februari 2027 · dalam 115 hari

    Sertifikat CBAM mulai dijual

  3. 30 Juni 2027 · dalam 264 hari

    Saran: kirim angka terverifikasi 2026 ke pembeliSaran

Semua tanggal

2026

  • 1 Januari 2026 · Lewat

    Periode definitif CBAM dimulai

    Importir UE membayar CBAM atas barang yang diimpor sejak tanggal ini. Nilai default dikenai mark-up 10% dan importir mengurangkan 97.5% dari benchmark UE.

2027

  • 1 Januari 2027

    Mark-up atas nilai default naik menjadi 20%

    Untuk barang yang diimpor mulai 2027, nilai default dikenai mark-up 20% dan importir mengurangkan 95% dari benchmark UE, sehingga biaya per ton naik.

  • 1 Februari 2027

    Sertifikat CBAM mulai dijual

    Deklaran resmi dapat mulai membeli sertifikat. Sertifikat untuk impor 2026 dihargai dengan rata-rata kuartalan harga lelang EU ETS.

  • 30 Juni 2027

    Saran: kirim angka terverifikasi 2026 ke pembeliSaran

    Bukan tenggat hukum. Pembeli melapor pada September, jadi kirim emisi terverifikasi untuk barang yang dikirim pada 2026 paling lambat akhir Juni, tepat waktu untuk menggantikan nilai default.

  • 30 September 2027

    Deklarasi CBAM untuk impor 2026 jatuh tempo

    Importir menyerahkan deklarasi tahunan untuk barang yang diimpor pada 2026 dan menyerahkan sertifikatnya. Angka terverifikasi dari pemasok harus sudah masuk saat itu.

2028

  • 1 Januari 2028

    Mark-up atas nilai default naik menjadi 30%

    Untuk barang yang diimpor mulai 2028, nilai default dikenai mark-up 30% dan importir mengurangkan 90% dari benchmark UE, sehingga biaya per ton naik.

  • 1 Januari 2028

    Usulan: CBAM diperluas ke produk hilirUsulan

    Komisi mengusulkan penambahan banyak produk yang sebagian besar terbuat dari baja atau aluminium, seperti pengencang, suku cadang mesin, dan peralatan rumah tangga, mulai 1 Januari 2028. Parlemen dan Dewan masih dapat mengubah daftarnya.

  • 30 Juni 2028

    Saran: kirim angka terverifikasi 2027 ke pembeliSaran

    Bukan tenggat hukum. Pembeli melapor pada September, jadi kirim emisi terverifikasi untuk barang yang dikirim pada 2027 paling lambat akhir Juni, tepat waktu untuk menggantikan nilai default.

  • 30 September 2028

    Deklarasi CBAM untuk impor 2027 jatuh tempo

    Importir menyerahkan deklarasi tahunan untuk barang yang diimpor pada 2027 dan menyerahkan sertifikatnya. Angka terverifikasi dari pemasok harus sudah masuk saat itu.

2029

  • 1 Januari 2029

    Pengurangan alokasi gratis turun menjadi 77.5%

    Untuk barang yang diimpor mulai 2029, importir hanya mengurangkan 77.5% dari benchmark UE, sehingga biaya per ton naik lagi.

  • 30 Juni 2029

    Saran: kirim angka terverifikasi 2028 ke pembeliSaran

    Bukan tenggat hukum. Pembeli melapor pada September, jadi kirim emisi terverifikasi untuk barang yang dikirim pada 2028 paling lambat akhir Juni, tepat waktu untuk menggantikan nilai default.

  • 30 September 2029

    Deklarasi CBAM untuk impor 2028 jatuh tempo

    Importir menyerahkan deklarasi tahunan untuk barang yang diimpor pada 2028 dan menyerahkan sertifikatnya. Angka terverifikasi dari pemasok harus sudah masuk saat itu.

2030

  • 1 Januari 2030

    Pengurangan alokasi gratis turun menjadi 51.5%

    Untuk barang yang diimpor mulai 2030, importir hanya mengurangkan 51.5% dari benchmark UE, sehingga biaya per ton naik lagi.

  • 30 Juni 2030

    Saran: kirim angka terverifikasi 2029 ke pembeliSaran

    Bukan tenggat hukum. Pembeli melapor pada September, jadi kirim emisi terverifikasi untuk barang yang dikirim pada 2029 paling lambat akhir Juni, tepat waktu untuk menggantikan nilai default.

  • 30 September 2030

    Deklarasi CBAM untuk impor 2029 jatuh tempo

    Importir menyerahkan deklarasi tahunan untuk barang yang diimpor pada 2029 dan menyerahkan sertifikatnya. Angka terverifikasi dari pemasok harus sudah masuk saat itu.

2031

  • 1 Januari 2031

    Pengurangan alokasi gratis turun menjadi 39%

    Untuk barang yang diimpor mulai 2031, importir hanya mengurangkan 39% dari benchmark UE, sehingga biaya per ton naik lagi.

  • 30 September 2031

    Deklarasi CBAM untuk impor 2030 jatuh tempo

    Importir menyerahkan deklarasi tahunan untuk barang yang diimpor pada 2030 dan menyerahkan sertifikatnya. Angka terverifikasi dari pemasok harus sudah masuk saat itu.

2032

  • 1 Januari 2032

    Pengurangan alokasi gratis turun menjadi 26.5%

    Untuk barang yang diimpor mulai 2032, importir hanya mengurangkan 26.5% dari benchmark UE, sehingga biaya per ton naik lagi.

  • 30 September 2032

    Deklarasi CBAM untuk impor 2031 jatuh tempo

    Importir menyerahkan deklarasi tahunan untuk barang yang diimpor pada 2031 dan menyerahkan sertifikatnya. Angka terverifikasi dari pemasok harus sudah masuk saat itu.

2033

  • 1 Januari 2033

    Pengurangan alokasi gratis turun menjadi 14%

    Untuk barang yang diimpor mulai 2033, importir hanya mengurangkan 14% dari benchmark UE, sehingga biaya per ton naik lagi.

  • 30 September 2033

    Deklarasi CBAM untuk impor 2032 jatuh tempo

    Importir menyerahkan deklarasi tahunan untuk barang yang diimpor pada 2032 dan menyerahkan sertifikatnya. Angka terverifikasi dari pemasok harus sudah masuk saat itu.

2034

  • 1 Januari 2034

    Alokasi gratis berakhir

    Mulai 2034 importir tidak dapat lagi mengurangkan alokasi gratis apa pun, sehingga CBAM dibayar atas seluruh emisi melekat.

  • 30 September 2034

    Deklarasi CBAM untuk impor 2033 jatuh tempo

    Importir menyerahkan deklarasi tahunan untuk barang yang diimpor pada 2033 dan menyerahkan sertifikatnya. Angka terverifikasi dari pemasok harus sudah masuk saat itu.

Terkait

Tanggal: Regulasi (UE) 2023/956 sebagaimana diubah dengan Regulasi (UE) 2025/2083. Perluasan 2028: usulan Komisi COM(2025) 989, belum menjadi hukum. Tanggal bertanda "Saran" adalah saran kami, bukan tenggat hukum. Bukan nasihat hukum; lihat penafian.